Menjiwai Hidup Lestari

adalah blog pribadi yang memuat beberapa artikel untuk dipublikasikan dan berusaha membantu semua orang dalam mencari sesuatu yang baru. Dalam blog ini anda akan menemukan sesuatu yang akan menjadikan anda menjadi manusia baru dengan berbagai keunggulan yang teramat baru..all about new !!! welcome. (c_3)

Kopi Aroma di Bandung

Berbicara tentang kopi pasti tidak asing lagi. Kopi dapat dinikmati oleh siapa saja baik yang muda ataupun yang tua, dan kopi juga dapat dinkmati oleh pria dan wanita. Kopi adalah sebuah minuman yang bisa disajikan dalam acara formal ataupun hanya sekedar berkumpul-kumpul. Bahkan telah muncul istilah “Coffe Break” atau “rehat kopi disetiap acara resmi. Sedangkan dalam kehidupan sehari- hari. Minum kopi sering dijadikan sebagai pendamping sarapan pagi. Menurut sejarah kopi pertamakali ditemukan pada abad ke-9 di daratan tinggi Ethopia.
Dengan mudah sekali kita dapat menemukan kopi hasil buatan pabrik dengan berbagai paduan, ada kopi susu, kopi gula dsb. Berbeda dengan kopi aroma yang ada di Bandung ini. Kopi ini bukan merupakan olahan pabrik, dan tidak mengandung mencampuran rasa. Yang membedakannya adalah kopi diolah dengan menggunakan mesin pada zaman dulu didatangkan langsung dari Jerman pada rahun 1930. Mesin yang menggunkan bahan bakar kayu karet itu cukup aman bagi limbah lingkungan dan sangat memberikan aroma wangi yang khas pada kopinya. walaupun prosesnya selama dua jam berbeda dengan kopi olahan pabrik hanya menggunkan waktu delapan menit.
Kopi aroma yang ada diBandung mempunyai dua jenis, yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Sebelum di olah kopi arabika harus dijemur dibawah terik matahari dan disimpan selama delapan tahun yang mana setiap tahun berkurang 1kilogram. Penyimpayan yang cukup lama ini bertujuan agar kandungan kafein yang tingi pada kopi arabika hilang dan kadar asam nya berkurang. Sehingga orang meminumnya tidak merasa sakit lambung karena kembung. Kopi arabika ini bisa menyembuhkan penyakit jantung dan darah tinggi.
Berbeda dengan kopi robusta. Kopi ini dijemur dibawah sinar matahari dan disimpan selama 5 tahun. Kerena kafein yang ada dalam kopi robusta tidak terlalu tinggi dibandungkan dengan kopi arabika. Kelebihan kopi robusta adalah dapat menyembuhkan penyakit diabetes yang akan diamputasi, cukup ditaburi pada bagian yang luka. Selain itu dapat dinikamati bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes, hanya dengan meminumnya secara rutin tetapi tidak berkelebihan, bisa dinikmati oleh orang yang mempunyai penyakit darah rendah. Bagi wanita kopi robusta bisa meningkatkan kecerdasan dan bagi pria bsa menigkatkan gairah seksualitasnya. Kopi robusta ini memiliki wangi yang keras dibandingkan dengan kopi arabika.lebih lembut.
Kopi arabika di datangkan dari perkebunan kopi yang ada di daerah Aceh, Medan, Jawa dan Toraja. Sedangkan Robusta di datangkan dari Bengkulu dan Lampung. Kopi robusta ini adalaha kopi yang paling tinggi hargannya, kopi robusta ini dinamakan juga “kopi luwak” . Kedua kopi tersebut menggunkan proses petik merah yang sudah benar-benar pantas untuk dipetik .
Kopi jenis arabika maupun robusta bisa dinikmati sesuai dengan selera. Ketahan kopi Aroma ini adalah selama 3 bulan dan apabila telah diseduh maka akan tahan sampai 30 jam tanpa rasa basi. Cara menyajikannya pun cukup mudah cukup diseduh dengan air mendidih lalu tambakan gula bila perlu, atau bisa dengan memasaknya selama dua menit. Sungguh kopi yang luar biasa bukan. Selain proses yang cukup unik dari kopi biasanya, kopi ini juga banyak khasiat dan manfaatnya bagi semua orang, bahkan anak umur satu tahun pun dapat menikmatinya. Bahkan kopi ini tidak sedikitpun mengandung bahan kimia apapun jenisnya.
Perlu diakui kenikamatan kopi memang tidak bisa dipungkiri, bagi orang yang suka minum kopi sebaikanya minum kopi dalam satu hari tidak lebih dari 3 cangkir kopi. Karena sesuatu yang berlebihan akan tidaka baik bukan.
Kopi khas ini bisa kita nikmati dengan mudah, toko kopi ini bernama Kopi Aroma yang berada di jalan Pecinan, sebelah timur Pasar Baru atau dekat dengan jalan Banceuy. Kopi ini telah ada sejaka zaman belanda. Pemilik toko yang sekarang adalah penerus ke dua setelah kakeknya yang mendirikannya.. Bila kita mengunjungi toko kopi aroma itu, dari luar saja sudah tercium bau kopi yang khas., ditambah dengan arsitektur rumahnya masih bergaya zaman Kolonial Belanda, dan apabila kita memasuki rumahanya alat-alat yang dipergunkan dalam pembuatan kopi masih sama seperti dulu tidak ada yang dirubah, kaleng-kaleng, tampan, sendok bahkan timbangannya pun bergaya Belanda menambah ciri khas seakan membeli kopi pada zaman penjajahan tempo dulu. Dengan harga Rp. 5.000,- sudah mendapatkan 1 ons kopi yang dapat dipakai selama 1 bulan.
Bukan saja kenikmatan yang didapat tapi juga harga yang sangat pas. Penjual took ini pun sangat ramah dan baik. Inilah salah satu peninggalan zaman dulu yang masih ada dan berkembang bahkan satu satunya yang ada di Indonesia dan di Dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Calendar

My ProfiL

Foto saya
punya sejuta harapan dan impian untuk membahagiakan semua orang... Gigih n ulet untuk menjadi orang sukses dengan karya besar..

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

YM Status

Terjemah

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Visitor Counter

free counters
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates