Menjiwai Hidup Lestari

adalah blog pribadi yang memuat beberapa artikel untuk dipublikasikan dan berusaha membantu semua orang dalam mencari sesuatu yang baru. Dalam blog ini anda akan menemukan sesuatu yang akan menjadikan anda menjadi manusia baru dengan berbagai keunggulan yang teramat baru..all about new !!! welcome. (c_3)

JAWABAN TUGAS AKHIR
SISTEM INFORMASI DAKWAH

1. Sebutkan dan jelasakan enam alasan mengenai pentingnya system informasi bagi kegiatan dakwah!
§ System informasi menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data/informasi perkembangan maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatan dakwah di lapangan.
§ data dan informasi yang dihasilkan dapat menjadi bahan perkembangan bagi pengambilan kebijakan dan keputusan stakeholders dakwah dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja program dakwah
§ mampu mengelola seluruh data/informasi perkembangan bagi pengambilan kebijakan dakwah di lapangan
§ menyimpan informasi yang mudah di akses
§ menghadapi segala sesuatu yang bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi
§ meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses dakwah dengan :
o menyajikan informasi dengan jelas
o mengotomatisasi proses yang tadinya dikerjakan manual
o mempercepat pengetikan dan editing
o Pembiayaan menjadi lebih murah
o

2. Apa yang dimaksud dengan system informasi? Kegiatan-kegiatanapa saja yang dilakukan oleh system informasi
* System adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
* informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan (davis, 1999).
* System Informasi adalah suatu system di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan starategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
John Burch dan Gary Grudnitsky (1986) mendefinisikan informasi sebagai berikut: informasi adalah data yang telah diletakkan dalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang dikomunikasikan kepada penerima untuk digunakan didalam pembuatan keputusan.
Menurut Mulyadi (1999) didefinisikan sebagai kelompok unsur yang erat berhubungan satu sama lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu sistem terdiri atas beberapa unsur yang disebut subsistem, yang saling berhubungan dengan yang lain agar suatu sistem dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

3. Apa dampak internet terhadap dakwah?
1. memberikan informasi yag lebih cepat dan evisien. Informasi akan mudah didapat dan kegiatan dakwah bisa terus terjadi dan dilakukan dalam 24 jam.
2. penyebaran ajaran islam semakin meluas karena tidak bergantung pada wktu dan tempat.
3. sarana membuka cakrawala dan cara pandang terhadap suatu permasalahan
4. selain memberikan dampak positif, adanya internet juga memberikan dampak negatif bagi dakwah, yaitu dapat menimbulkan masalah sosial. Masalah sosial ini adalah masyarakat yang anti sosial kerena ia kana hanya ‘hidup’ disuatu dunia maya. Yang terjadi justru internet hanya menjadi komunitas yang tidak memberi pengaruh bagi masyarakat sebenarnya. Oleh karena itu dakwah melalui tatap muka dengan narasumber harus tetap dilakukan.

4. Apa yang dimaksud dengan dakwah virtual? Apa manfaat dakwah virtual?
Virtual adalah bermakna sesuatu yang sebenarnya, ada tetapi tidak terlihat.
Dakwah virtual adalah serangkaian proses dan kegiatan dalam penyebaran islam yang secara fisik tidak ada tetapi sebenarnya terlihat. Proses dakwah ini dengan menggunakan media teknologi komunikasi massa dalam dunia maya (internet)
Melalui dakwah virtual ini banyak sekali manfaatnya :
a. dakwah dilakukan melalui internet ini tidak tergantung kepada waktu dan tempat. Karena dakwah bukan lagi kegiatan yang dilakukan dalam periode waktu tertentu yang terbatas. Informasi mengenai islam dapat didapatkan kapan saja dan dimana saja. Informasi tersebar di internet, jika membutuhkannya cukup mengaksesnya. Kegiatan dakwah bisa terus terjadi dan dilakukan selama 24 jam.
b. Cakupan yang luas. Tidak diberi pembatasan hak akses, maka informasi yang kita sebarkan di internet dapat diakses oleh banyak orang. Cakupan dari internet adalah seluruh dunia. Dakwah tidak lagi terbatas untuk kalangan tertentu saja, informasi yang kita sampaikan akan bersifat universal karena semua orang akan membacanya.

5. Sebutkan dan jelaskan empat dampak computer dan system informasi terhadap kualiatas dakwah?
a. Banyak ragam media untuk melakukan dakwah dan transformasi ajaran islam.yang disesuaikan dengan teknologi informasi yang berkembang saat ini.
b. Orang perkotaan dan pengguna internet lebih sering mencari solusi agama dari internet daripada sumbernya langsung, atau tokoh agama yang lebih faham terhadap masalah yang dihadapi umat.
c. Para pakar lebih memilih forum dakwah dengan memanfaatkan teknologi informasi dari pada membuat forum pengajian rutin.

6. Apa yang dimaksud dengan local area network (LAN)? Apa saja komponen LAN serta fungsi dari setiap komponen
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer, dalam rumah didalam satu gedung, satu kompleksgedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama.
Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah sebagai berikut:
1. Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer. Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang besar seperti sistem minicomputer, bahkan suatu mainframe. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
2. Server
Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. Pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server.
3. Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel. Adapun beberapa contoh dari link adalah: kabel Twisted Pair, kabel Coaxial, kabel Fiber Optic.
4. Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
5. Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.
7. Sebutkan dan jelaskan beberapa topologi jaringan utama
Pengertian topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data didalam jaringan yang secara fisik menghubungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya. Berikut ini adalah beberapa topologi jaringan yang ada dan dipakai hingga saat ini, yaitu:
· Topologi Star

0 komentar:

Posting Komentar

Calendar

My ProfiL

Foto saya
punya sejuta harapan dan impian untuk membahagiakan semua orang... Gigih n ulet untuk menjadi orang sukses dengan karya besar..

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

YM Status

Terjemah

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Visitor Counter

free counters
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates